Main Menu

Senin, 03 Agustus 2009

Program Gratis Pesaing Photoshop

Siapa yang tak kenal Photoshop? Photoshop adalah program pengolah gambar berbasis bitmap yang ditujukan untuk kalangan profesional. Hal itu dikarenakan program tersebut seharga 1000 Euro. Jika Anda menginginkan program pengolah gambar yang lebih murah, namun setara dengan Photoshop, simaklah ulasan berikut.


Gimp LogoGimp
Anda yang tidak ingin mengeluarkan uang untuk software pengolah gambar dapat mencoba Gimp. Versi-versi terdahulunya terkenal sering crash, tetapi sekarang freeware ini sudah stabil. Sayangnya software ini kurang tepat bagi pemula. Bahkan profesional sekalipun harus membiasakan diri dengan tampilannya.

Gimp memiliki banyak kelebihan. Perintah-perintah penting dengan cepat tersedia. Setiap menu atau submenu dapat Anda simpan sebagai jendela tersendiri. Freeware ini menawarkan tool kuas dan peralihan serbaguna. Koreksi kontras dan warnanya juga cukup lengkap. Untuk montase, tersedia tool pemilih dan path yang bagus serta fieldmask.

Kelemahannya, Gimp tidak menyediakan dukungan untuk data RAW yang berharga. Gimp juga tidak dapat berbuat banyak pada presentasi dan pengelolaan gambar.

Untuk beberapa distro Linux, Gimp ini sudah terintegrasi di dalamnya. Namun untuk sistem operasi Windows, untuk mendownloadnya klik di sini.


Berikut program-program pengolah gambar lain yang jauh lebih murah dibanding Photoshop :

Corel Paint Shop Pro X : Program bagi pemula dengan wizard yang sangat bagus, terbaik untuk montas dan koreksi kontras. Harganya sekitar 100 Euro.

Ulead PhotoImpact 11 : Paket program lengkap, sangat mudah dioperasikan, memiliki kemungkinan presentasi terbaik terutama pada desain web. Harga sekitar 100 Euro.

Microsoft Foto 2006 Suite Edition : Microsoft menawarkan pengelola foto terbaik dan beberapa fungsi otomatis yang cukup baik. Namun beberapa fungsi penting tidak tersedia. Harganya sekitar 80 Euro.

Computerinsel PhotoLine 32.12.02 : Shareware ini menyediakan fungsi-fungsi montase dan layout yang sangat bagus, tetapi bukan untuk pemula karena tidak ada fungsi otomatis maupun wizard. Harganya sekitar 70 Euro.

4 komentar:

Unknown mengatakan...

Mantap ne infonya sob..sukses truz sob

Grape Jelly mengatakan...

siip mba, tetap sharing ilmu.
:)

kakara mengatakan...

nice info frenz.. TFS :)

Grape Jelly mengatakan...

makasih sob kunjungan ma komentarnya.
Keep comment :)

Posting Komentar