Main Menu

Jumat, 07 Agustus 2009

Unggulnya Google Dalam Persaingan

Pada tulisan sebelumnya di sini, saya sudah menyebutkan beberapa kesamaan antara Google dan Microsoft dalam bersaing. Dan sekarang saya mau meneruskan tulisan tersebut tentang keunggulan Google dalam wilayah PC maupun internet.

Tawaran paket software gratis merupakan gebrakan terbaru dari Google. Tentu saja Microsoft khawatir karena paket software ini mencaplok pangsa mereka. Paket software tersebut seperti :

  • Browser Open Source Firefox yang merupakan ancaman bagi Internet Explorer.
  • Real One Video Player yang menjadi saingan Windows Media Player dan merupakan alternatif komersil yang masih tersisa saat ini.
  • Instant Messenger Trillian yang terhubung dengan jaringan besar seperti AIM, ICQ, MSN. Microsoft Messenger bisa saja tidak terpakai.
  • Ad-Aware Antispyware yang bersaing dengan Microsoft Windows Antispyware yang nantinya dikompilasi ke dalam Security Suite komersil setelah fase Betanya berlalu.

Kebanyakan tool yang ditawarkan Google berperan penting bagi mereka karena semuanya akan mengarahkan pengguna ke website Google.

Atas serangan Google tersebut, Bill Gates sendiri merasa bahwa Google bukanlah saingan mereka yang sebenarnya. Google hanya mengekor saja, mereka tidak melakukan inovasi. Microsoft malah menganggap IBM sebagai kompetitor karena pekerja dan pasar mereka lebih besar. Padahal IBM dan Microsoft sebenarnya berpacu dalam bidang yang berbeda.

Walau demikian, produk baru dari Google dan Microsoft sama-sama memasuki pasar masing-masing. Belum hilang ingatan kita tentang perseteruan mereka karena Google mengambil beberapa pekerja Microsoft.

3 komentar:

augenedit mengatakan...

Wah..wah..semakin berseteru, semakin hebat pula inovasi yang dikembangkan.
Saya mendengar kabar kalau Microsoft akan menggandeng Yahoo! untuk membendung gerak Google..

http://blog.its.ac.id/augenedit/

Grape Jelly mengatakan...

iah, birakan mereka berseteru.
inovasi-inovasinya kan kita juga yang merasakan.
hehe

wah, kalo Microsoft menggandeng Yahoo, bisa juga jadi ancaman buat Google. Secara kan Yahoo dulu jg pernah berjaya.
Tapi tetap, Google bakal merajai kawasan internet.
hehe

Rizkyzone mengatakan...

per me google ancora nessuno

Posting Komentar