Main Menu

Jumat, 17 Juli 2009

Belajar Menjadi 'Agen Rahasia' Lewat Internet

Untuk mengetahui seluk beluk dari seseorang layaknya seorang agen rahasia itu tidaklah begitu sulit. Namun, kita tidaklah sadar bahwa begitu mudahnya informasi pribadi dapat digali di internet. Berikut tutorial singkat cara mencari identitas seorang penelpon :

Anonim yang tidak berguna
Anda akan belajar sedikit untuk berimajinasi menjadi seorang agen rahasia yang telah mendapat telpon dari seseorang yang identitas pribadinya disembunyikan. Kemudian setelah telpon ditutup, anda berusaha untuk cepat bergerak.
Pertama anda harus mengungkap siapa penelpon misterius tersebut. Untuk itu, anda membutuhkan mesin riset terhemat, yakni PC yang tersambung ke internet.
Lalu cari info dasar yang dapat anda kembangkan ke tahap selanjutnya. Info tersebut misalnya nomor telpon dari orang misterius tersebut. Satu kesalahan fatal dari si penelpon adalah bahwa caller-ID bukanlah barang baru dan sudah banyak digunakan pada telepon rumahan. Oleh hal itu, maka nomor telepon dapat dibaca pada layar LCD telepon. Lebih jauh lagi, layanan online di berbagai negara boleh memberikan data alamat berdasarkan nomor telepon.

Yeah, temukan nomor handphonenya !
Jika alamat penelpon itu tidak tercantum dalam buku telepon online. Dengan anda sudah memiliki namanya, anda bisa mencari di buku telepon lain. Mungkin ia masih memiliki sebuah ponsel dan alamatnya tercantum di sana.
Contoh buku telepon online untuk wilayah Jerman, www.tele-aus-kunft.de. Provider-provider lain juga masih banyak tersedia, tentunya dengan basis data yang sama. Untuk nomor telepon di luar Jerman, tersedia telefon-buch.com dengan link ke buku telepon internasional.

Terungkap lewat Google
Setelah nama beserta alamatnya telah diketahui, anda harus mencoba memanfaatkan biangnya search engine : Google. Supaya anda hanya mendapatkan website eksak dengan nama yang dicari, coba lakukan cara berikut :

  • Langkah pertama yang harus anda lakukan pastinya membuka www.google.com
  • Di kotak search, tuliskan keyword yang ingin anda cari. Misalkan anda memiliki keyword : Mike Shinoda. Maka coba anda tuliskan keyword tersebut diawali dan diakhiri dengan tanda kutip, contoh "Mike Shinoda". Setelah itu klik Search atau tekan Enter.

Setelah anda melakukan langkah di atas, maka jika si penelpon memiliki website atau blog pribadi, hasil pencarian akan membuahkan hasil yang manis. Di website atau blog orang misterius itu mungkin ada tercantum info-info yang sangat berguna untuk misi anda.

Mmm, buru alamatnya
Melalui websitenya, sebenarnya dia telah membuka diri. Pemilik sebuah domain internet pasti tercantum dengan data-data pribadinya di database online WHOIS yang bisa ditanyai.
Untuk domain di negara Eropa atau Asia tersedia RIPE (Reseaux IP Europeens, www.ripe.net). Sementara untuk website di AS dan top level domain lainnya tersedia di www.networksolutions.com.
Dengan mencari di fasilitas WHOIS tersebut, kemungkinan besar anda akan mendapatkan data pribadinya termasuk alamat lengkap si penelpon.

Gunakan satelit
Karena sebuah foto dapat berkata lebih banyak daripada ribuan statistik, ada baiknya anda menggunakan alamat yang diperoleh untuk mendapatkan foto lingkungannya.
Cara paling mudah adalah menggunakan layanan peta kota. Untuk itu sebaiknya anda memanfaatkan Google Maps (maps.google.com). Setelah memasukkan alamat dalam format 'Nama jalan, nomor rumah, kota', anda dapat memilih tampilan peta, foto satelit, atau campurannya (nama jalan dicantumkan pada foto satelit).
Kelebihan utama Google Maps adalah resolusi foto yang lebih tinggi. Kita bisa melakukan pembesaran hingga mobil dan pohon di jalan tampak dengan jelas.
Alternatif lain yang menyenangkan adalah Google Earth. Layanan ini menggunakan foto satelit yang sama sepert Google Maps, namun anda bisa terbang langsung secara virtual ke alamat sasaran.

Lacak nomor handphonenya
Setelah mendapatkan banyak informasi tentang penelpon misterius tersebut, terbukalah sudah celah untuk mengetahui semua data pribadinya. Terakhir, anda sebaiknya mengetahui berada di mana dia saat ini. Untuk itu, manfaatkan nomor handphonenya dan hubungi layanan online Handyfinder (www.handyfinder.com). Dengan biaya 0,25-0,50 Euro, kita bisa menanyakan lokasi sebuah nomor ponsel.
Namun, untuk itu pemilik nomor handphone perlu memberi izin melalui sebuah sms. Di tahap ini anda bisa menggunakan teknik social-engineering, yakni melakukan penipuan terhadap penelpon tersebut. Penyamaran yang bisa anda lakukan adalah menelpon ke nomor handphone target dan mengaku sebagai karyawan provider telepon yang sedang melakukan tes sms. Anda harus meminta target untuk membalas setiap sms masuk.
Setelah itu anda akan mendapatkan informasi di mana target saat ini.


Cara melindungi diri dari semua teknik tersebut :

  • Publikasi data pribadi dalam daftar yang terbuka untuk umum dapat kita protes setiap saat ke provider telepon. Sebaiknya protes ini dilakukan secara tertulis melalui surat atau fax. Jangan lupa mencantumkan alamat lengkap, nomor telepon, nomor pelanggan, dan nomor account tagihan jika ada.
  • Tidak ada yang mampu menghindari Google. Jika anda mempunyai web pribadi atau blog, cepat atau lambat robot-robot pencari Google akan menemukan anda. Untuk menghindari hal tersebut, bersikaplah low-profile. Tanpa website dan blog, kita tidak akan nampak di internet.
  • Jika memiliki website pribadi, anda tidak perlu membeli domain pribadi. Gunakan saja domain gratisan.
  • Bila anda mendapat sebuah sms atau miscall dari nomor yang tidak anda kenal, jangan dijawab. Bukan hanya agar tidak dapat dilokalisir, tetapi biasanya anda akan dikenakan biaya yang mahal bila menelpon balik.
  • Tidak ada cara untuk melindungi diri dari satelit. Kecuali jika anda bisa menurunkan satelit dari angkasa.

0 komentar:

Posting Komentar