Main Menu

Selasa, 28 Juli 2009

Nikmati Dunia Dengan Google Earth

Hmm, sambil duduk-duduk di sofa dengan berbekal laptop yang terkoneksi internet, kita bisa berkunjung ke belahan dunia lain. Bagaimana caranya? Tentu saja dengan bantuan atlas online rintisan uncle Google, "Google Earth".

Google Earth adalah tampilan bumi yang dibuat dalam 3 dimensi melalui proyeksi foto-foto satelit. Dengan Google Earth, terbentuk bola dunia 3D yang dapat Anda search dengan semua 'seni' Google : kota, alamat, objek wisata, dan masih banyak lagi.


Berikut cara mengatur Google Earth secara optimal :

Menampilkan Nama Kota Kecil Dan Jalan
Dalam hal ini, Google Earth dalam settingan defaultnya hanya menampilkan nama-nama kota besar saja. Untuk dapat menemukan kota yang paling kecil, beri tanda contreng pada 'Populated Places' di bawah menu 'Layers' dalam navigation bar (letaknya di pojok kiri paling bawah). Buka entri 'Alternative Places Name' langsung dibawahnya dan tandai 'English'.

Nama jalan juga dapat ditampilkan di Google Earth dengan memberi tanda contreng pada 'Roads' dalam control bar utama.


Menampilkan Profil Ketinggian Dan Nama Geografis
Kasih tanda pada 'Terrain' dalam control bar utama. Kini foto udara diproyeksikan pada profil ketinggian dalam Google Earth. Sebaiknya aktifkan ini hanya jika benar-benar diperlukan karena ini bisa menyebabkan foto menjadi tidak tajam.

Untuk menampilkan nama gunung, sungai, atau pun danau, buka folder 'Geographic Features' di bawah 'Layers'. Beri tanda pada 'Mountain' dan 'Inland Water'.


Bangunan 3D
Google Earth dapat menampilkan sekitar 50 kota di AS dalam model 3D. Untuk mengagumi skyline di New York atau Seattle, beri tanda pada 'Buildings' dalam control bar utama.


Ukuran Metrik
Bila Anda ingin mengganti satuan ukuran seperti miles dan feet dengan satuan yang umum kita gunakan, klik 'Tools' lalu pilih 'Options'. Buka tab 'View' dan aktifkan entri 'Meter, Kilometer' disamping 'Elevation' pada 'Rendering'.

Mempertajam Kualitas Foto
Di bawah 'Tools - Options - View' Anda juga dapat mempertajam foto. Pilih 'Large' untuk 'Detail Area'. Dengan pilihan ini, Anda meminta Google Earth untuk mencegah kaburnya gambar di pinggir foto. Dengan 'Anisotropic Filtering' gangguan gambar lainnya dapat disingkirkan. Namun, Anda harus mencoba dulu apakah graphic card Anda mendukung option 'Medium' atau 'High' tanpa terlalu menghambat sistem atau tidak.


Untuk mendownload Google Earth, silahkan kunjungi http://earth.google.com.
Untuk mencari layers dan placemarks untuk Google Earth, kunjungi http://www.googleearthhacks.com.


Referensi : Majalah Chip

0 komentar:

Posting Komentar