Main Menu

Kamis, 30 Juli 2009

Utak-Atik Source Code Di Situs Simulasi Hacking

Coba Anda buka http://www.hackertest.net. Ketika halaman sudah dibuka Anda akan disuguhi sebuah web dengan background hitam, lalu terdapat sebuah form password (lihat screenshot). "Loh, saya kan belum ada melakukan registrasi di website itu. Kenapa langsung disuguhi form password. Mana saya tahu passwordnya", mungkin itu yang ada di benak Anda.

Tapi memang itu intinya. Di website itu, nalar kita ibarat seorang hacker akan diuji. Di Hackertest.net, kemampuan pemrogramman kita akan dilatih dalam menyelesaikan 20 levelnya. Kemampuan pemrogrammannya seperti HTML, PHP, Javascript, serta kemampuan membaca grafik.

Untuk dapat menyelesaikan setiap misi Anda harus membaca dan meneliti source codenya dengan cara mengklik kanan pada browser Anda, lalu pilih 'View Page Source'. Teliti betul-betul apakah ada kesalahan pada struktur HTML, PHP, atau pun Javascriptnya.

Pada level pertama Anda dituntut untuk mendapatkan password untuk melanjutkan ke level 2. Password yang dimaksud di level 1 ini adalah 'null' (tanpa tanda petik). Cara mencari tahu jawabannya cukup mudah, dengan melihat page sourcenya lalu perhatikan pada bagian Javascript, Anda akan menemukan jawabannya.

Situs serupa juga dijumpai di http://www.hackerskills.com. Konsep serta permainan simulasinya sama persis dengan hackertest.net. Namun pada hackerskills.com backgroundnya bukan hitam, melainkan putih.

Anda tertarik menguji naluri Anda sebagai seorang hacker? Selamat menyelesaikan ke-20 misinya.

0 komentar:

Posting Komentar